Sabtu, 25 Mei 2019

Amalan-Amalan Yang Dilakukan di Malam Lailatul Qadar

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Di sepuluh hari terakhir ramadhan ini, tentunya kita berlomba-lomba untuk mendapatkan satu malam yang sangaat luar biasa istimewa. Mana mungkin kita berdiam diri saja bukan? Mana mungkin kita tahu keutamaan malam lailatul qadar tapi kita malah asik-asikan terus scroll media sosial, kita malah asik-asikan terus stalking media sosial orang yang kita keceng. Ya ampun.

Mari saatnya sekarang kita bergerak. Tidak usah dinanti-nanti, tidak usah tunggu nanti malam ah baca qur’annya. Nanti malam deh dzikirnya. Nanti malam deh shalat sunnah nya.

Hei! Kita tidak tahu apa yang akan terjadi ke depan. Malaikat Maut itu ngikutin kita terus, kapan pun dia bisa menjemput kita. Kalau kita nanti-nanti aja sama ibadah kita, siapa yang menjamin nanti malam kita masih hidup di dunia ini? bahkan kita gak atau satu detik yang akan datang apa yang akan terjadi pada diri kita.

Berikut ini adalah amalan-amalan yang dapat kita kerjakan di 10  malam terakhir bulan suci Ramadhan ini untuk mendapatkan kemuliaan malam lailaatul qadar.

Shalat

Berdasarkan hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda yang artinya,

Barang siapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena  iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni. –HR. Bukhari no. 1901

Jadi untuk menghidupkan malam lailatul qadar ini, amalan yang dapat kita lakukan adalah mengerjakan shalat sunnah.

Memperbanyak membaca do’a yang diajarkan oleh Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha ia berkata,

Aku pernah bertanya pada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah lailatul qadar, latas apa do’a yang mesti kuucapkan?

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menjawab

Berdo’alah : Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fuanni
Artinya       :  Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku. –HR. Tirmidzi No. 3513 dan Ibnu Majah No. 3850. Abu ‘Isa At-Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini adalah hadits shahih.

Memperbanyak tilawah al-qur’an
Memperbanyak dzikir

Semoga Allah mudahkan segala urusan kita, terutama untuk menghidupkan malam lailatul qadar ini. aamiin

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

       Allah sudah berikan kita clue untuk memudahkan kita mendapatkan malam lailatul qadar. Carilah lailatul qadar pada sepuluh malamt...